Siak | riauindependen.co.id | Rumah Sakit Umum Daerah Tengku Rafi’an Kabupaten Siak mengadakan pelatihan komunikasi efektif dalam pelayanan rumah sakit, 3-5 November 2022. RSUD Tengku Rafi’an Siak lebih dari 500 jajaran mengikuti kegiatan selama tiga hari ini.
Direktur RSUD Tengku Rafi’an Siak, dr. H. Benny Chairuddin, Sp.An, M.Kes, MARS, open event pada hari pertama mengatakan untuk meningkatkan peningkatan peningkatan pelayanan agar pelanggan datang dan kepercayaan masyarakat meningkat.
“Harapan narasumber bisa membuka pola pikir dan mencuci hati kita, menghilangkan kekurangan dan memberikan energi positif kepada rumah sakit,” katanya.
Direktur menyampaikan bahwa narasumber dr. Hanna Perdana Subanegara, MARS juga merupakan Ketua Pusat Asosiasi Rumah Sakit Daerah (ARSADA) yang kedua. Beliau juga salah satu pendiri organisasi tersebut. dr. Hanna Perdana Subanegara, MARS dalam materi awalnya menyampaikan bahwa dunia saat ini bergaya Venus. Ciri-cirinya senang yang indah-indah, perasaan memegang peranan penting, instan, dan emosional.
“Rumah sakit harus menjawab indah, perasaan, instan, emosional. Kalau begitu jangan lambat pelayanan, RS harus indah, SDM juga harus indah,” tulisnya. Persaingan rumah sakit ada empat paket pertama harga dan kualitas kedua dimana ini bisa dipenuhi. Tapi yang jarang diperhatikan adalah pelayanan santun dengan komunikasi bagus dan paradigma pelanggan yang harus disenangkan.
“Pelanggan itu keinginannya ada empat, pertama ingin diakui keberadaannya, ingin disenangkan dan disanjung, diperiksa dengan baik dan ingin aman,” sebutnya.**